Latest News

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Baik

Setelah beberapa waktu yang lalu saya memposting tentang contoh surat lamaran kerja melalui media tulis, kini kami kembali memposting mengenai contoh surat lamaran kerja lewat email. Kadang-kadang sebuah perusahaan mengizinkan mengajukan surat lamaran pekerjaan via email.  Hal ini sangat menguntungkan kedua belah pihak, bagi pelamar tidak perlu repot lagi harus pergi ke kantor pos sedangkan untuk perusahaan sendiri mengurangi tumpukan kertas lamaran kerja, dan meringankan untuk pengarsipan.

Sesungguhnya surat lamaran kerja via email mirip dengan surat lamaran biasa, perbedaannya terletak pada cara pengirimannya. Dibawah ini adalah beberapa poin penting yang harus anda perhatikan saat anda mengirimkan surat lamaran melalui E-mail,
  1. Subjek/judul pada email
  2. Penataan surat lamaran serta daftar riwayat hidup
  3. Ukuran E-mail
  4. Lampiran File yang disyaratkan oleh perusahaan

Surat Lamaran Kerja melalui Email memang sangat memudahkan bagi seorang pelamar yang mempunyai kendala dalam hal jarak. Sehingga ini sangat menguntungkan, karena anda tidak perlu datang jauh-jauh ke lokasi perusahaan untuk mengantarkan surat lamaran tersebut. 

Memang sudah begitu banyak perusahaan yang memberlakukan ketentuan seperti ini. Selain itu ada juga perusahaan yang mensyaratkan pelamar dengan membuat surat lamaran kerja bahasa inggris yang pernah kami bahas di blog ini. 

Contoh surat lamaran melalui E-mail,


    To : Jaya.Tunggal@PTgroup.com
    Cc : -
    Subject : Operator Komputer


    Dengan hormat,


Sesuai dengan informasi pada blog/website di internet, bahwa "PT jaya Tunggal" membutuhkan beberapa lowongan kerja dalam kategori operator komputer, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

    Nama : Jajang nurjaman
    Alamat : Jln Saguling Babakan Kawalu Tasikmalaya
    Tempat, Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 01juli 1985
    Tendidikan : SMAN 1 Tasikmalaya

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.Bersama ini saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment.

Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan Bapak/Ibu untuk dites dan diwawancarai.Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.
Hormat saya,


...................
To/ke : alamat@website.com

cc :

Judul/subject email: Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Sodara Kanep Jamil, seorang asisten di PT. Neps Junior Production menginformasikan kepada saya tentang rencana pengembangan dan penambahan tenaga di Departement Marketing PT. Neps Junior Productionn Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini perkenankan saya mengajukan diri untuk bergabung serta menjadi bagian dalam rencana pengembangan PT. Neps Junior Production tersebut.

Mengenai diri saya, dapat saya jelaskan sebagai berikut :

Nama : ………………………………..
Tempat & tgl. lahir : ………………………………..
Pendidikan Akhir : ……………………………….
Alamat : ………………………………..
Telepon (HP) : ………………………………..
e-mail : ………………………………..
Status Perkawinan : ……………………………….. (single/nikah)

Saat ini saya bekerja di PT. Power Up Production, sebagai staf Marketing, dengan fokus utama pekerjaan di bidang promosi.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

Daftar Riwayat Hidup.
Foto copy ijazah S-1.
Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
Pas foto terbaru.

Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.

Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,

………………….
Contoh surat diatas merupakan referensi dari sini dan sini. Sekian dari kami kunjungi juga disini.