Latest News

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar agar Diterima

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru - Setiap orang pasti menginginkan suatu pekerjaan yang layak serta halal. Selain itu gaji yang besar juga menjadi impian bagi semua orang. Untuk mendapatkan semua itu, sudah sepantasnya kita harus mempunyai keterampilan serta kemampuan yang memadai. Salah satu syarat yang harus kita penuhi jika ingin bekerja di suatu tempat yang baik adalah dengan mengajukan Surat Lamaran Pekerjaan. 


Surat Lamaran Kerja | Jika Anda tidak ingin repot-repot untuk membuatnya, kami telah membuatkan Ccontoh dari surat ini yang dapat anda download melalui link dibawah ini. Anda hanya perlu merubah beberapa kata saja yang memang perlu untuk dirubah. Silahkan download contoh surat tersebut melalui link dibawah ini :

Download Surat Lamaran Kerja.doc


Dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan, kita haruslah memperhatikan beberapa hal yang penting. Salah satunya yaitu kita harus menggunakan bahasa yang santun serta 
 sopan. Oleh karena itu, dalam hal ini kami sudah menyediakan beberapa contoh surat yang sudah menggunakan ketentuan-ketentuan yang telah kami sebutkan tadi.

Bagi kalian yang ingin melamar suatu pekerjaan pastinya harus membuat surat lamaran yang baik dan benar. Nah, selain menggunakan bahasa yang santun, di bawah ini juga ada beberapa ketentuan yang harus anda perhatikan dalam pembuatan surat lamaran kerja. Memang ada banyak ketentuan untuk membuat surat lamaran yang harus anda perhatikan. 
  

Panduan penulisan dan contoh surat lamarankerja yang baik dan benar :


1. Gunakanlah bahasa yang baik dan benar
Gunakanlah tata bahasa surat lamaran kerja dengan baik dan benar, jangan menggunakan bahasa yang tidak baku.

2. Tulislah dengan kalimat yang sopan
Selain tata bahasa yang baik, jangan lupa menggunakan kalimat yang santun, jangan sampai menggunakan kalimat yang seolah-olah menyombongkan diri.


3. Usahakan tulis tangan dengan rapi
Kadang-kadang suatu perusahaan menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisan tangannya sendiri. Oleh karena itu, upayakan agar tidak kotor dan corat-coret tulisan anda.

4. Jangan lupa melampirkan syarat-syarat dari perusahaan
Jangan sampai lupa untuk melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun disyaratkan dari peusahaan 

5. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
Jika ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda


Sebuah surat lamaran kerja sangat menentukan langkah selanjutnya dari prosedur penerimaan kerja, jika surat lamaran yang anda buat kurang baik, serta kalimatnya tidak rapi, bertele-tele dan juga kurang menarik, kemungkinan besar pihak HRD perusahaan akan langsung melewati surat lamaran kerja anda tanpa membacanya. Sehingga ini dapat menyebabkan ditolaknya pkerjaan anda.


Contoh Surat Lamaran Kerja umum Part I

Hal : lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk / Ibu Personalia  
PT. Maju Terus Pantang Mundur
Jl. Mawar Merah No 88
Jakarta Barat

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Maju Terus Pantang Mundur yang saya dapatkan dari harian Merdeka pada tanggal 15 Nopermber 2013. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Maju Terus Pantang Mundur.

Berikut ini adalah data singkat saya 
Nama                      : Siswono Suryo
Tempat / tgl. lahir       : Jakarta, 05 mei 1995
Pendidikan Terakhir       : S1 Manajemen Informatika
Alamat                    : Jl Penggangsaan Timur No 56
Telepon (HP)              : 081234567891
Status                    : Lajang

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan  komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S1
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.


Hormat saya,
Hengki Kristianto

 Contoh Surat Lamaran Kerja Umum part II

Martapura, 15 Nov 2013
Kepada Yth. HRD
Pt. Maju Terus Pantang Mundur,
Jl. Sam Ratulangi No. 99
Martapura

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama                  :  Abdul Qodir, SE
Tempat, Tgl. Lahir    :  Ambon, 8 Agustus 1988
Alamat                :  Jl. Sumbangsih
No. Telp/HP           :  081234567891
Pendidikan            :  S1 Manajemen

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai seorang Marketing.

Saya memiliki sedikit pengalaman bekerja sebagai Marketing Manajer di salah satu perusahaan terkemuka di Surabaya. Dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan kompetensi waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy Ijazah
3. Foto copy sertifikat
4. Foto copy KTP
5. Foto copy transkrip nilai
6. Pas photo terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya,

Abdul Qodir, SE.


 Contoh Surat Lamaran Kerja Umum part III



                                                                     Cirebon,  22 januari 2014
Kepada
Yth. Bapak/Ibu Pimpinan Paradiso
Jl. Mundu 25, Kelurahan Mundu
Cirebon

Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama                                  Darone 88
Tempat, Tanggal Lahir        Cirebon, 16-April-1990
Usia                                    : 21 tahun
Pendidikan Terakhir            : SMKN 1 CIREEBON 
                                           : Mahasiswa STMIK AMIKOM (AKTIF) 
Alamat Asal                        Kelurahan Gede Bage, Kota Cirebon
Domisili                               : Jl.Perjuangan, No. 1 Sunyaragi Cirebon
Telepon                               : 08522703xxxxx

Berdasarkan Info Kerja yang dimuat di Website dan Informasi di Koran Mingguan, saya bermaksud mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai karyawan. Dengan bekal kemampuan yang saya miliki diantaranya mampu mengoperasikan komputer,Teknisi Komputer, Troubleshooting Hardware,Instalasi Hardware dan Software, Microsoft Word,Exel dan lain-lain. Saya dapat bekerja keras, rajin dan jujur, dapat bekerja secara mandiri maupun tim.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:
1.         1. Foto Copy Ijazah terakhir
2.        2. Daftar Riwayat Hidup
3.        3. Foto Copy KTP
4.        4. Foto ukuran 3 x 4 = 2 lembar
5.        5. Sertifikat Ketrampilan Khusus
Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
              
                                                                Cirebon, 25 Feb 2014

Hormat Saya,


Darone 88



 Contoh Surat Lamaran Kerja Umum part IV



Jakarta, 8 Januari 2014
Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Gilland Ganesha
Jl. Raya Kebon Durian No. 11
Jakarta Timur

Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Gilland Ganesha, seperti yang termuat di harian Kompas tanggal 6 Januari 2014. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Gilland Ganesha.
Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama                                         : Darone 88
Tempat, Tanggal Lahir                 : Cirebon, 16 April 1990
Usia                                           : 21 tahun
Pendidikan Terakhir                    : STMIK AMIKOM (S1)
Alamat Asal                                : Kelurahan Gede Bage, Kota Cirebon
Domisili                                      : Jl.Perjuangan, No. 1 Sunyaragi Cirebon
Telepon                                      : 08522703xxxxx
Email                                         : darone_teater@gmail.com

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.
Saat ini saya bekerja sebagai staff Marketing di PT. Hilmy Finance. Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1.      Daftar Riwayat Hidup.
2.      Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3.      Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4.      Pas foto terbaru.
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.




Beberapa contoh surat diatas bersumbar dari sini dan sini