Latest News

Contoh Surat Keterangan Kematian Terbaru Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Keterangan Kematian Terbaru Yang Baik Dan Benar | Kali ini kami akan memberikan solusi bagi Anda yang sedang membutuhkan contoh surat kematian. Karena kani sudah menyiapkan beberapa contoh surat keterangan kematian di bawah ini. Selain itu kami juga telah menuliskan beberapa peraturan peraturan yang harus anda perhatikan dalam menulis sebuah surat kematian. Pada intinya kami hanya ingin berbagai pembahasan , gambaran dan panduan bagaimana langkah-langkah dalam membuat surat baik itu surat resmi maupun tidak resmi.

Jenis surat keterangan kematian berkode: F-2.16. Dengan kode tersebut kita dapat dengan mudah mencari contoh contoh surat ini di pencarian Google. Tetapi Anda tidak usah khawatir karena kami disini sudah menjelaskan secara mendetail mengenai apa itu surat keterangan kematian , bagaimana cara membuatnya dan hal hal yang berkaitan dengan surat ini. 


Jika kita merujuk pada tata penyebutan dalam administrasi pemerintahan untuk surat ini kita bisa mengenal beberapa istilah yaitu misalnya akta kematian atau formulir pelaporan kematian. Lalu bagaimana sebenarnya bentuk dari keterangan tersebut?

Surat keterangan kematian merupakan surat baku dimana akan terdiri dari kepala surat, nomor surat dan lain sebagainya. Akan tetapi dalam pembuatannya tidak menggunakan kop surat. Yang ada hanya kepala surat yang berisi data antara lain kode surat, nama kabupaten, kecamatan dan kampung atau kelurahan yang diikuti dengan judul surat. Untuk lebih jelas mengenai hal tersebut kita akan langsung belajar bagaimana menyusun atau membuat keterangan tersebut.

Cara Membuat Surat Keterangan Kematian

Bagaimana cara membuat keterangan kematian ? Cara paling gampang adalah dengan datang langsung ke kantor kelurahan atau kampung setempat. Lalu mintalah dibuatkan surat keterangan kematian tersebut. Karena jenis surat ini memang dikeluarkan oleh pejabat kepala kampung atau desa yang menerangkan perihal kematian seseorang tersebut. 

Namun apabila petugas kampung tidak sanggup untuk membuatkan surat kematian tersebut maka kita bisa membuatnya sendiri. Cara membuat surat keterangan ini memang terbilang mudah. Langkah langkahnya akan kami jelaskan dalam artikel ini. 

Yang perlu diingat adalah bahwa surat ini adalah surat resmi, sehingga kita harus memperhatikan jadi tata penulisannya. Surat keterangan ini harus ditulis menggunakan pedoman penulisan surat resmi mulai dari bentuk, tata letak, bahasa dan lain sebagainya. Untuk membuat keterangan ini akan ada 3 informasi yang kita butuhkan yaitu sebagai berikut:
  • Data Orang yang Meninggal
  • Data Kejadian
  • Data Pelapor
Jelas, informasi utama dari keterangan ini adalah tentang data orang yang meninggal dunia. Dalam hal ini kita akan menyiapkan data-data sebagai berikut:
  • Nama Lengkap
  • Jenis Kelamin
  • Tgl. Lahir / Umur
  • Agama
  • Alamat 
Setelah data atau informasi tentang orang yang meninggal, informasi selanjutnya yang harus disertakan dengan jelas adalah informasi tentang kejadian meninggalnya orang yang bersangkutan. Dalam hal ini data tersebut berisi bahwa orang tersebut Telah Meninggal Dunia pada:
- Hari
- Tanggal
- Pukul
- Bertempat di
- Penyebab Kematian

Data data yang telah kami sebutkan diatas harus tercantum dalam surat kematian. Tujuannya agar informasi yang mengenai kematiannya jelas. Seperti dalam contoh surat keterangan kematian di bawah ini.

Contoh Surat Keterangan Kematian


Nah, tadi diatas adalah hal hal yang berkaitan dengan cara pembuatan surat keterangan kematian. Untuk lebih jelasnya aka kami telah membuatkan contoh suratnya. Contoh surat di bawah ini dapat anda gunakan sebagai pedoman unuk penulisan Anda . 


Yang perlu diingat dalam pengisiannya adalah menggunakan data yang sebenar benarnya. Dan apabila Anda ingin menambahkan keerangan lainnya, Anda juga bisa menambahkannya sendiri. Dan apabila surat tersebut sudah jadi dan sudah diisi secara lengkap, langkah seanjutnya adalah menyerahkan surat keterangan kematian tersebut kepada kepala desa lurah untuk ditanda tangani. 

Cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga Artikel mengenai Contoh Surat Keterangan Kematian Terbaru Yang Baik Dan Benar dapat bermanfaat bagi kita yang sedang membutuhkan.

Contoh Surat Keterangan Kematian Terbaru Yang Baik Dan Benar